Kumpulan Alat Musik Tradisional Papua yang Unik

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis, Papua juga memiliki segudang keunikan yang khas, misalnya rumah adat, senjata, seni tari dan seni musik yang di dalamnya termasuk alat musik tradisional.
Sama seperti daerah-daerah lain di Indonesia, Papua juga memiliki alat musik tradisionalnya sendiri. Alat musik tradisional Papua ini memiliki bentuk-bentuk yang unik.
Pikon

Pikon adalah salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Papua. Pikon sebenarnya berasal dari kata Pikonane, dan didalam bahasa Baliem artinya alat musik bunyi. Alat musik Pikon ini merupakan alat musik tradisional khas dari suku Dani yang biasa dimainkan oleh para kaum pria. Biasanya mereka memainkan alat musik Pikon ini sambil beristirahat setelah lelah bekerja seharian atau ketika sedang bersantai di honai. 

Suara yang dihasilkan oleh alat musik Pikon sebenarnya tidaklah merdu, malahan cenderung sumbang. Hal tersebut wajar karena pada awalnya, alat musik Pikon ini dibuat hanya sebagai penghilang rasa penat sehingga suara yang dihasilkan pun lebih mirip dengan suara kicau burung yang tak bernada. Walaupun demikian, seiring dengan berkembangnya zaman, saat ini suara yang dihasilkan oleh Pikon mulai bisa terdengar sebagai nada do, mi dan sol.

Triton 


Triton adalah alat musik tradisional masyarakat Papua. Triton dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini terdapat di seluruh pantai, terutama di daerah Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama, serta kepulauan Raja Ampat. Awalnya, alat ini hanya digunakan untuk sarana komunikasi atau sebagai alat panggil/pemberi tanda. Selanjutnya, alat ini juga digunakan sebagai sarana hiburan dan alat musik tradisional.

Tifa


Tifa adalah salah satu alat musik yang berasal dari Indonesia bagian timur, khususnya daerah Papua dan Maluku. Alat musik Tifa ini merupakan  sejenis alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan berbentuk tabung. Bentuk dan fungsinya sekilas hampir sama dengan alat musik Gendang, namun suara alat musik Tifa ini terdengar lebih ringan. Tifa merupakan salah satu alat musik yang terkenal di kalangan masyarakat Papua dan Maluku. Alat musik ini biasanya sering digunakan untuk mengiringi upacara adat, pertunjukan musik, atau tarian tradisional.

Yi



Alat musik ini terbuat dari kayu dan bambu. yi dibuat dari kayu dan bambu. Alat musik ini digunakan sebagai alat bunyi untuk memanggil penduduk dan juga untuk mengiringi acara tari-tarian.

Amyen



alat musik ini terbuat dari kayu. Amyen merupakan alat musik tiup yang digunakan untuk mengiringi tarian serta memanggil dan memberi tanda bahaya pada saat berperang. Alat musik ini dibuat menggunakan bahan kayu putih, dan digunakan oleh masyarakat Suku Web, Kabupaten Keerom - Provinsi Papua.

Krombi



Krombi adalah alat musik papua yang terbuat dari bambu. Krombi merupakan salah 1 alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian pada pesta adat masyarakat Papua. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan menggunakan sebuah kayu kecil lalu diketuk-ketuk pada bambu tersebut. Alat musik ini berasal dari Suku Tehit, Kampung Seremuk, Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua.

Butshake



Butshake adalah alat musik yang dibuat dari susunan buah atau biji kenari pada sebilah bambu lengkung. Instrumen ini menghasilkan suara gemericik saat di ayunkan atau dikocok. Diketahui bahwa alat musik butshake berasal dari budaya suku Muyu di Kab. Merauke. Biasanya digunakan oleh mereka sebagai pengiring tarian adat.

Demikian artikel mengenai Alat Musik Tradisional Papua. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus belajar kebudayaan-kebudayaan di Indonesia yang lain.