Senjata Tradisional Jawa Barat

Ada beberapa senjata tradisional Jawa Barat yang hingga kini masih tetap digunakan masyarakat suku Sunda dalam kehidupannya. Sebagian ada yang berfungsi sebagai sarana perlindungan diri, sarana identitas, dan banyak pula yang berfungsi sebagai alat pertanian.


1. Senjata Tradisional Kujang



Kujang merupakan senjata tradisiona dan simbol khas daerah Jawa Barat ini mempunyai bentuk yang sangat unik. Memiliki panjang 20-25 cm, terbuat dari bahan besi, baja serta bahan pamor (baja putih yang terdapat pada bilah keris).
Kujang pertama kali dibuat pada abad ke 8 dan 9, akan tetapi ada beberapa pihak yang menyatakan bahwa kemungkinan senjata tradisional kujang ini telah digunakan sebelum itu, yang mendasarkan pada kemungkinan teoritis terhada dari bentuk kujang itu sendiri.
Senjata kujang ini menggambarkan ketajaman dan daya kritis di dalam kehidupan. Selain itu, kujang ini juga merupakan sebuah senjata yang melambangkan keberanian dan kekuatan dalam melindungi kebenaran. Kujang menjadi sebuah ciri khas baik dalam senjata, hiasan, alat pertanian ataupun sebagai cindera mata.
2. Senjata Tradisional Balincong

Baliung adalah alat untuk menebang pohon besar atau sebagai salah satu perkakas untuk membangun rumah. Di daerah lain disebut juga kapak/patik. Gagangnya terbuat dari kayu yang agak panjang (30-35 cm). Tenaga dan daya tekan Baliung harus lebih besar dari pada bedog, dan karena itu dibuat dari besi baja yang lebih besar dan tebal pada bagian pangkal (bagian yang tumpulnya).


3. Senjata Tradisional Patik


Kata "patik" di dalam bahasa Indonesia artinya adalah kapak. Patik ini merupakan senjata tradisional Provinsi Jawa Barat yang dipakai untuk menebang dan juga membelah kayu. Di masa lampau, senjata patik ini dipakai untuk mencari kayu bakar, membuka hutan, ataupun kegiatan berat lainnya. Sampai saat ini, patik masih sering dipakai oleh masyarakat Sunda, terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan. 

4. Senjata Tradisional Bedog



Kata "bedog" merupakan bahasa sunda yang dalam bahasa indonesia artinya golok. Bedog Sunda mempunyai ciri khas yang cukup unik, yakni pada bentuk ujungnya yang melengkung ke arah mata (kebalikan dari senjata golok khas Betawi). 

Senjata bedog ini merupakan senjata yang digunakan sebagai senjata multifungsi (banyak fungsi). Selain untuk sarana pertahanan diri, senjata ini juga sering digunakan untuk aktivitas para kaum pria saat bekerja di kebun, menyembelih hewan, ataupun alat berburu.

5. Senjata Tradisional Congkrang 


Congkrang adalah alat-alat pertanian yang digunakan untuk memotong atau membersihkan semak-semak. Pada saat membersihkan semak selain membawa congkrang juga membawa sabit, parang, golok, cangkul dan kor├ęd serta alat-alat yang sekiranya yang dibutuhkan untuk membersihkan tanah atau lahan sebelum dicangkul.

Congkrang terbuat dari besi dengan gagang dari kayu atau Aluminium. Bentuknya seperti sabit hanya saja bagian tajamnya lebih panjang, besarnya seperti golok dengan ujungnya yang bengkok. Di daerah Lampung congkrang selalu disebut golok bengkok (candung kayok).Orang Nias nyebutna blewa, fungsinya sama yaitu untuk membersihkan semak-semak dalam upaya membuka lahan.

6. Senjata Tradisional Arit


Arit merupakan senjata tradisional Jawa Barat yang hingga kini masih tetap digunakan masyarakat Sunda, khususnya oleh para peternak. Arit digunakan untuk mencari rumput bagi hewan ternak mereka karena lebih mudah dipakai dibanding senjata lainnya. Di beberapa daerah di Nusantara, juga ditemukan banyak senjata tradisional lainnya yang bentuknya seperti arit, misalnya celurit khas Madura, sabit khas Betawi, dan lain sebagainya.
7. Senjata Tradisional Sulimat


Di antara banyaknya senjata tradisional Provinsi Jawa Barat, senjata sulimat ini mungkin menjadi senjata tradisional yang paling langka dan juga sulit untuk ditemukan hingga saat ini. 

Senjata tradisional berupa sebilah pisau runcing ini digunakan dengan cara ditancapkan ke dalam tanah. Pada bagian mata yang runcing dipakai para petani untuk mengupas kulit kelapa, sehingga pekerjaan mengupas kelapa menjadi lebih cepat selesai.

Nah, demikian 7 senjata tradisional Jawa Barat beserta gambar dan keterangannya yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini.