Senjata Tradisional Jawa Tengah




Mungkin dari salah satu dari kita belum ada yang mengetahui apa saja jenis-jenis senjata tradisional dari daerah jawa tengah, yang mana senjata tradisional Jawa Tengah ini merupakan salah satu jenis senjata ciri khas tradisional di Negara Indonesia atau Nusantara.
Senjata tradisional khas Jawa Tengah ini sebenernya senjata tradisional khas Jawa Tengah ini hampir sama dengan senjata tradisional khas Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Hanya saja ada yang membedakan senjata tradisional khas Jawa Tengah ini dengan senjata tradisional Khas Yogyakarta, bagaimana dengan cara membedakannya? Cara membedakannya itu dari ornament dan bentuk dari senjata tradisional itu.
Sebenernya udah dari zaman dulu bahwa senjata tradisional yang bernama keris ini menjadi lambang kekkuatan didaerah pulau Jawa, baik itu untuk perempuan ataupun untuk laki-laki.
Sesungguhnya keris jawa ini tidak ada perbedaan dengan senjata-senjata tradisional yang ada di Negara Indonesia lainnya, dengan mempunyai mata yang tajam senjata keris ini dapat digunakan untuk memotong/menusuk.
Baiklah, dibawah ini akan ada beberapa penjelasan mengenai senjata tradisional Jawa Tengah, yang mana penjelasan dibawah ini bukan hanya membahas tentang keris saja, tapi dibawah ini akan ada pembahasan tentang senjata-senjata tradisional khas Jawa Tengah. Yuk langsung saja kita simak.

Senjata Tradisional Khas Jawa Tengah




Sebenarnya ada berbagai ragam jenis senjata tradisioan yang sangat dikenal dalam kehidupan budaya masyarakat Jawa Kuno.
Kejayaan-kejayaan yang telah dicapai oleh kerajaan Majapahit dan kerajaan-kerajaan lainnya di masa lalu telah membuktikan bahwa dengan adanya teknologi persenjataan orang jawa.
Khususnya untuk daerah Jawa Tengah satu langkah lebih maju kedepan daripada dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain yang berada di wilayah Nusantara.
Walaupun demikian, banyak dari antara senjata-senjata tradisional kebanggaan penduduk Jawa yang saat ini sudah punah dan tersisa, senjata-senjata traidisional jawa ini hanya tinggal beberapa jenis saja yang tersisa, yang saat ini masih kalian temukan didaerah Jawa, khususnya Jawa Tengah.


1.keris




Keris memanglah sudah diakui sebagai senjata tradisional yang memiliki nilai seni yang tinggi. Daya serangnya yang dapat melumpuhkan dari jarak dekat juga tidak dapat dianggap remes. 

Di beberapa daerah yang dihuni entitas Melayu, seperti di Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi, bahkan sampai ke Malaysia kita juga dapat menemukan senjata serupa. Namun, keris Jawa ini cenderung lebih populer karena selalu dianggap mempunyai tuah tertentu. 

Keris Jawa dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk, mulai itu dari yang tanpa luk atau lekukan, berluk 3, 5, 7, dan seterusnya. Banyak para wisatawan mancanegara dan juga domestik yang mengoleksi senjata tradisional khas satu ini sebagai bentuk kekaguman di dalam setiap corak tempaan yang terpahat di bilahnya. 

2.Wedhung




Tidak banyak yang mengetahui jika Provinsi Jawa Tengah mempunyai senjata tradisional bernama Wedhung ini. keberadaannya dari wedhung ini memanglah kalah populer dibandingkan dengan keris. Namun akan tetapi, di masa lampau senjata jenis tikam ini ternyata lebih sering dipakai oleh masyarakat biasa. 

Bentuk dari senjata Wedhung ini adalah seperti pisau dengan 1 (satu) mata bilah yang tajam. Senjata tradisional ini dilengkai dengan serangka yang terbuat dari kayu jati. 

3.Tombak




Salah satu senjata tradisional Jawa Tengah yang banyak digunakan pada masa lalu khususnya oleh para prajurit kerajaan adalah tombak. Bahkan sampai dengan saat ini senjata tombak ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai senjata keramat. Sebut saja salah satunya adalah senjata Tombak Kyai Plered.


4.Condroso



Condroso merupakan salah satu senjata masyarakat Jawa termasuk Jawa Tengah. Namun senjata ini hanya digunakan oleh kaum wanita. Hal ini karena bentuk senjata condroso yang berbentuk tusuk konde yang biasanya diselipkan di rambut / konde.

Senjata rahasia kaum wanita ini cukup mematikan karena terbuat dari besi dengan ujung yang tajam sehingga bisa melukai orang yang tekenanya. Senjata ini biasanya tidak digunakan pada pertempuran terbuka, namun digunakan pada keadaan darurat saja, terutama untuk menjaga harkat dan martabat kaum wanita.




Demikian Sobat Tradisi, Jawa Tengah yang bisa kita ketahui bersama. Semoga artikel mengenai nama-nama senjata tradisional dari Jawa Tengah tadi bisa bermanfaat bagi kita semua.